PENERAPAN PRAKTEK PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MATHOLI’UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: NIDA, IRMA LUTHFI SHOFIA
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1314/1/131310001312%20Irma%20Luthfi%20Shofia%20Nida%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1314/
http://unisnu.ac.id
ctrlnum 1314
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/1314/</relation><title>PENERAPAN PRAKTEK PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MATHOLI&#x2019;UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>NIDA, IRMA LUTHFI SHOFIA</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Irma Luthfi Shofia Nida (131310001312) Penerapan Praktek Pembiasaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di MI Matholi&#x2019;ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran&#xD; 2014/2015.&#xD; Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlotul Ulama&#x2019; Jepara. Pembimbing Drs. Abd Rozaq, M.Ag.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendiskripsikan penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi&#x2019;ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara.&#xD; Berangkat dari realitas di atas, maka ada tiga fokusyang di ajukan untuk di kaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, dan (3) Bagaimana hasil pelaksanaan kegiatan penerapan praktek pembiasaan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi&#x2019;ul Huda&#xD; 02 Damarwulan Keling Jepara.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk kajian yang reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dan tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukannya itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran dilakukan. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik MI matholi&#x2019;ul Huda 02 Damarwulan pada mata pelajaran Fiqih berjumlah 37 peserta didik.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Pengaruhnya penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Diketahui bahwa sebelum tindakan dilakukan nilai rata-rata hasil belajar ulangan harian siswa adalah 61 akan tetapi pada siklus I ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 73 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 12 % bandingkan sebelum adanya tindakan&#xD; Selajutnya Pada siklus II ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 3 % bandingkan dengan siklus sebelumnya. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan jauh lebih meningkat yaitu nilai 78 sebagai nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Matholi&#x2019;ul Huda 02.Dengan demikian hipotesis dapat diterima.&#xD; &#xD; Kata kunci : Pembiasaan, Motivasi belajar siswa dan Meningkatkan pembelajaran Fiqih di MI Matholi&#x2019;ul Huda 02 Damarwulan, diantaranya adalah jama&#x2019;ah sholat dzuhur, sholat dhuha, tadarus sebelum pelajaran dimulai, membaca do&#x2019;a sebelum dan sesudah pelajaran.</description><publisher>Unisnu</publisher><date>2015-03-28</date><type>Other:Other</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/1314/1/131310001312%20Irma%20Luthfi%20Shofia%20Nida%20%28Upload%29.pdf</identifier><identifier> NIDA, IRMA LUTHFI SHOFIA (2015) PENERAPAN PRAKTEK PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MATHOLI&#x2019;UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Unisnu, Jepara. </identifier><relation>http://unisnu.ac.id</relation><recordID>1314</recordID></dc>
language ind
format Other:Other
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NIDA, IRMA LUTHFI SHOFIA
title PENERAPAN PRAKTEK PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MATHOLI’UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publisher Unisnu
publishDate 2015
isbn 131310001312
topic Pendidikan Agama Islam
url http://eprints.unisnu.ac.id/1314/1/131310001312%20Irma%20Luthfi%20Shofia%20Nida%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1314/
http://unisnu.ac.id
contents Irma Luthfi Shofia Nida (131310001312) Penerapan Praktek Pembiasaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlotul Ulama’ Jepara. Pembimbing Drs. Abd Rozaq, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendiskripsikan penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. Berangkat dari realitas di atas, maka ada tiga fokusyang di ajukan untuk di kaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, dan (3) Bagaimana hasil pelaksanaan kegiatan penerapan praktek pembiasaan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk kajian yang reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dan tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukannya itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran dilakukan. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan pada mata pelajaran Fiqih berjumlah 37 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Pengaruhnya penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Diketahui bahwa sebelum tindakan dilakukan nilai rata-rata hasil belajar ulangan harian siswa adalah 61 akan tetapi pada siklus I ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 73 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 12 % bandingkan sebelum adanya tindakan Selajutnya Pada siklus II ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 3 % bandingkan dengan siklus sebelumnya. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan jauh lebih meningkat yaitu nilai 78 sebagai nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Matholi’ul Huda 02.Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Kata kunci : Pembiasaan, Motivasi belajar siswa dan Meningkatkan pembelajaran Fiqih di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan, diantaranya adalah jama’ah sholat dzuhur, sholat dhuha, tadarus sebelum pelajaran dimulai, membaca do’a sebelum dan sesudah pelajaran.
id IOS3407.1314
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2017-02-25T18:48:45Z
last_indexed 2017-11-09T23:21:05Z
recordtype dc
_version_ 1764485491875381248
score 17.538404