UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF QUR’AN HADITS MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V A MI TAMRINUTH THULLAB SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ZUHRI, JAMALUDDIN
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1222/1/131310001041%20Jamaluddin%20Zuhri%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1222/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran active learning metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif Qur’an Hadits pada siswa kelas V A MI Tamrinut Thullab Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Manfaat penelitian secara teoritis adalah : 1)Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa dalam kegiatan pembelajaran.,2) Dapat digunakan sebagai dasar untuk mengadakan penelitian yang lebih intensif terkait dengan strategi pembelajaran active learning metode card sort. Sedangkan manfaat praktisnya adalah, Bagi peneliti: 1) memberikan dampak positif dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran di waktu-waktu yang akan datang, sehingga tampak lebih profesional dalam menjalankan tugas, 2)menambah pengalaman bagi penulis yang diharapkan dapat digunakan untuk referensi bagi kegiatan pembelajaran di kelas; Bagi madrasah: 1) diharapkan madrasah, mampu meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa, sehingga menghasilkan nilai yang maksimal, 2)memperbaiki proses pembelajaran yang akan datang minimal sekolah mampu meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)Bagi guru :1)mampu meningkatkan kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas, 2) guru akan menentukan metode dan media mana yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut serta memberi motivasi dalam mengajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Learning metode card sort (kartu sortir) pada mata pelajaran Qur’an Hadits, dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa maupun prestasi yang dicapai oleh siswa. Pada pra siklus dengan jumlah siswa 29 anak, terdapat 12 anak (41%) yang belum tuntas atau ketuntasan baru mencapai 59% sehingga untuk mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 85% kurang 26% dengan nilai rata-rata 67. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan 72% mencapai KKM dengan nilai rata-rata 77. Sehingga untuk mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan madrasah sebesar 85% kurang 8%. Siswa yang belum tuntas mencapai 28% atau 8 siswa dari 29 siswa, dan siswa yang tuntas sudah mencapai 72% atau 21 siswa dari 29 siswa. Hasil pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan yang diharapkan sebesar 85%. Namun pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 93% siswa telah mencapai ketuntasan dengan kriteria siswa dengan nilai rata-rata 83, hanya 2 siswa yang belum tuntas atau sebanyak 7% dari 29 siswa. Adanya aspek kerjasama, dan keaktifan kelompok antar siswa mulai nampak, sehingga menambah semangat dan gairah dalam belajar. Kata Kunci: Prestasi belajar kognitif, strategi active learning, metode card sort