Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 3 Makassar
Main Author: | GENDA, SITTI HASNIYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6242/1/Artikel.docx http://eprints.unm.ac.id/6242/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus diajarkan di SMA/MA dalam pembelajaran bahasa pada umumnya dan bahasa Jerman pada khususnya. Menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keterampilan berbahasa yang lain.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri pada keterampilan menulis siswa MAN 3 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan dilaksanakan dengan 4 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang mendeskripsikan proses hasil belajar yang diperoleh melalui observasi, sedangkan data yang bersifat kuantitatif diperoleh dari hasil tes siklus pertama dan siklus kedua. Untuk menganalisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 74,48% sedangkan pada siklus II nilai yang diperoleh siswa adalah 77,76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis Siswa kelas XI IPA 1 MAN 3 Makassar.