Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)

Main Author: Taufik, Ikhsan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.