Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)

Main Author: Taufik, Ikhsan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/
ctrlnum 6102
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6102/</relation><title>Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)</title><creator>Taufik, Ikhsan</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing.&#xD; Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf</identifier><identifier> Taufik, Ikhsan (2017) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>6102</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Taufik, Ikhsan
title Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)
publishDate 2017
topic PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6102/
contents Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.
id IOS3399.6102
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:09Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:09Z
recordtype dc
_version_ 1764483748757241856
score 17.538404