Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)
Main Author: | Taufik, Ikhsan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf http://eprints.unm.ac.id/6102/ |
ctrlnum |
6102 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6102/</relation><title>Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)</title><creator>Taufik, Ikhsan</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf</identifier><identifier> Taufik, Ikhsan (2017) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>6102</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Taufik, Ikhsan |
title |
Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar) |
publishDate |
2017 |
topic |
PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/6102/1/CHAPTER%20I.pdf http://eprints.unm.ac.id/6102/2/CHAPTER%20V.pdf http://eprints.unm.ac.id/6102/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. |
id |
IOS3399.6102 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-01T02:14:09Z |
last_indexed |
2018-04-01T02:14:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483748757241856 |
score |
17.538404 |