Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba

Main Author: Paharuddin, Hardiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5730/1/BAB%20%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5730/
ctrlnum 5730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5730/</relation><title>Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba.</title><creator>Paharuddin, Hardiyanti</creator><subject>Biologi</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Jenis eksperimen adalah Posttest-Only Control Group Desains. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba sebanyak 193 orang, dan sampel terpilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas X2 sebanyak 25 orang dan kelas X7 sebanyak 27 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction berada pada kategori sedang, (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar peserta didik pada kelas pembelajaran langsung berada pada kategori rendah, (3) Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5730/1/BAB%20%20I.docx</identifier><identifier> Paharuddin, Hardiyanti (2017) Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5730</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Paharuddin, Hardiyanti
title Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba
publishDate 2017
topic Biologi
url http://eprints.unm.ac.id/5730/1/BAB%20%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5730/
contents ABSTRAK Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Jenis eksperimen adalah Posttest-Only Control Group Desains. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba sebanyak 193 orang, dan sampel terpilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas X2 sebanyak 25 orang dan kelas X7 sebanyak 27 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction berada pada kategori sedang, (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar peserta didik pada kelas pembelajaran langsung berada pada kategori rendah, (3) Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
id IOS3399.5730
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
recordtype dc
_version_ 1764483747157114880
score 17.538404