EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI
Main Author: | Sulastri, Sulastri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2425/1/Sulastri.docx http://eprints.unm.ac.id/2425/ |
Daftar Isi:
- EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI Sulastri (astrid07.as@gmail.com) Asniar Khumas (hafizhdzaky@yahoo.com) Nur Afni Indahari Arifin (afni_arifin@yahoo.co.id) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Mahasiswa yang mengerjakan skripsi akan merasakan perubahan emosional seperti sedih, cemas, takut, khawatir, gelisah, merasa bersalah, dan malu yang berujung pada stres. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mampu meregulasi emosi yaitu tidak mampu mengatur dan mengelola secara efektif emosi yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa perempuan yang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa perempuan yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UNM. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai U-test = 10,5 dengan nilai signifikan p = 0,008 (p<0,05), artinya pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi, Stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi.