EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Main Author: Sulastri, Sulastri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2425/1/Sulastri.docx
http://eprints.unm.ac.id/2425/
ctrlnum 2425
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2425/</relation><title>EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI</title><creator>Sulastri, Sulastri</creator><subject>PSIKOLOGI</subject><description>EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI&#xD; &#xD; Sulastri &#xD; (astrid07.as@gmail.com)&#xD; &#xD; Asniar Khumas&#xD; (hafizhdzaky@yahoo.com)&#xD; &#xD; Nur Afni Indahari Arifin&#xD; (afni_arifin@yahoo.co.id)&#xD; &#xD; Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar&#xD; Jl. AP Pettarani Makassar, 90222&#xD; &#xD; ABSTRAK&#xD; &#xD; Mahasiswa yang mengerjakan skripsi akan merasakan perubahan emosional seperti sedih, cemas, takut, khawatir, gelisah, merasa bersalah, dan malu yang berujung pada stres. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mampu meregulasi emosi yaitu tidak mampu mengatur dan mengelola secara efektif emosi yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa perempuan yang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa perempuan yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UNM. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai U-test = 10,5 dengan nilai signifikan p = 0,008 (p&lt;0,05), artinya pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. &#xD; &#xD; Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi, Stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2425/1/Sulastri.docx</identifier><identifier> Sulastri, Sulastri (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sulastri, Sulastri
title EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI
publishDate 2017
topic PSIKOLOGI
url http://eprints.unm.ac.id/2425/1/Sulastri.docx
http://eprints.unm.ac.id/2425/
contents EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI Sulastri (astrid07.as@gmail.com) Asniar Khumas (hafizhdzaky@yahoo.com) Nur Afni Indahari Arifin (afni_arifin@yahoo.co.id) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Mahasiswa yang mengerjakan skripsi akan merasakan perubahan emosional seperti sedih, cemas, takut, khawatir, gelisah, merasa bersalah, dan malu yang berujung pada stres. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mampu meregulasi emosi yaitu tidak mampu mengatur dan mengelola secara efektif emosi yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa perempuan yang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa perempuan yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UNM. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai U-test = 10,5 dengan nilai signifikan p = 0,008 (p<0,05), artinya pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi, Stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi.
id IOS3399.2425
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-08-01T00:12:10Z
last_indexed 2017-08-01T00:12:10Z
recordtype dc
_version_ 1764483733891579904
score 17.538404