PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA

Main Author: FATURAHMAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23747/1/JURNAL%20PJE%202021-FATURAHMAH%20%281745040025%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23747/2/skripsi%20faturahmah%20ujian%20tutup%20%281745040025%29%20fiks.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23747/
Daftar Isi:
  • FATURAHMAH, 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi ini dibimbing langsung oleh ibu Dra. Hj. Siti Kasmawati, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media pias-pais kata pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 (A1)), 2) kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa saat diberikan intervensi melalui media pias-pias kata ( Intervensi (B)), 3) kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa setelah diberikan intervensi (Baseline 2(A2)), 4) perbandingan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi intervensi dan setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial ATM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) pada kondisi sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 (A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan atau masih rendah, 2) pada kondisi saat diberikan intervensi (B) mengalami peningkatan, 3) pada kondisi saat setelah diberikan intervensi (Baseline 2 /A2) mengalami peningkatan 4) Perbandingan kemampuan berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan intervensi (baseline 1 (A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan, pada kondisi intervensi (B) dan kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan. Dengan demikian, kemampuan membaca permulaan murid meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B) melalui media pias-pias kata. Kata kunci : Pias-Pias Kata, Kemampuan Membaca Permulaan, Cerebral Palsy Tipe Spastik