PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA
Main Author: | FATURAHMAH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23747/1/JURNAL%20PJE%202021-FATURAHMAH%20%281745040025%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23747/2/skripsi%20faturahmah%20ujian%20tutup%20%281745040025%29%20fiks.pdf http://eprints.unm.ac.id/23747/ |
ctrlnum |
23747 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23747/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI
MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA</title><creator>FATURAHMAH</creator><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><subject>PENDIDIKAN LUAR BIASA</subject><description>FATURAHMAH, 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui
Media Pias-Pias Kata Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II di SLB Negeri
1 Gowa. Skripsi ini dibimbing langsung oleh ibu Dra. Hj. Siti Kasmawati, M.Si dan
Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada
murid cerebral palsy tipe spastik di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan
melalui media pias-pais kata pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB
Negeri 1 Gowa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 (A1)), 2) kemampuan membaca
permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa saat
diberikan intervensi melalui media pias-pias kata ( Intervensi (B)), 3) kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa setelah diberikan intervensi (Baseline 2(A2)), 4) perbandingan kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi
intervensi dan setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan.
Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas
II di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial ATM. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A.
Kesimpulan penelitian ini : 1) pada kondisi sebelum diberikan intervensi (Baseline 1
(A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan atau masih rendah, 2) pada kondisi saat
diberikan intervensi (B) mengalami peningkatan, 3) pada kondisi saat setelah diberikan
intervensi (Baseline 2 /A2) mengalami peningkatan 4) Perbandingan kemampuan
berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan intervensi
(baseline 1 (A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan, pada kondisi intervensi (B)
dan kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan. Dengan demikian, kemampuan
membaca permulaan murid meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari
pemberian intervensi (B) melalui media pias-pias kata.
Kata kunci : Pias-Pias Kata, Kemampuan Membaca Permulaan, Cerebral Palsy
Tipe Spastik</description><date>2022-07-08</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23747/1/JURNAL%20PJE%202021-FATURAHMAH%20%281745040025%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23747/2/skripsi%20faturahmah%20ujian%20tutup%20%281745040025%29%20fiks.pdf</identifier><identifier> FATURAHMAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA. </identifier><recordID>23747</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FATURAHMAH |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI
MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA |
publishDate |
2022 |
isbn |
281745040025 |
topic |
ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN LUAR BIASA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23747/1/JURNAL%20PJE%202021-FATURAHMAH%20%281745040025%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23747/2/skripsi%20faturahmah%20ujian%20tutup%20%281745040025%29%20fiks.pdf http://eprints.unm.ac.id/23747/ |
contents |
FATURAHMAH, 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui
Media Pias-Pias Kata Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II di SLB Negeri
1 Gowa. Skripsi ini dibimbing langsung oleh ibu Dra. Hj. Siti Kasmawati, M.Si dan
Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada
murid cerebral palsy tipe spastik di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan
melalui media pias-pais kata pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB
Negeri 1 Gowa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 (A1)), 2) kemampuan membaca
permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa saat
diberikan intervensi melalui media pias-pias kata ( Intervensi (B)), 3) kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa setelah diberikan intervensi (Baseline 2(A2)), 4) perbandingan kemampuan
membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1
Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi
intervensi dan setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan.
Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas
II di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial ATM. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A.
Kesimpulan penelitian ini : 1) pada kondisi sebelum diberikan intervensi (Baseline 1
(A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan atau masih rendah, 2) pada kondisi saat
diberikan intervensi (B) mengalami peningkatan, 3) pada kondisi saat setelah diberikan
intervensi (Baseline 2 /A2) mengalami peningkatan 4) Perbandingan kemampuan
berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan intervensi
(baseline 1 (A1) kemampuan subjek tidak ada peningkatan, pada kondisi intervensi (B)
dan kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan. Dengan demikian, kemampuan
membaca permulaan murid meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari
pemberian intervensi (B) melalui media pias-pias kata.
Kata kunci : Pias-Pias Kata, Kemampuan Membaca Permulaan, Cerebral Palsy
Tipe Spastik |
id |
IOS3399.23747 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:39Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483860960116736 |
score |
17.538404 |