Daftar Isi:
  • RIFALDI SETIAWAN, 2017. Penerapan metode eja dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dislkesia kelas II di SLB Negeri Polewali. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid disleksia dalam kemampuan membaca masih sangat rendah, terutama mengenal huruf, misalnya ketika dihadapkan pada huruf b dan d, b dan p, dan q, sehingga anak mengalami banyak kesulitan dalam membaca. Apakah penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca permulan bagi anak disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali ? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah “mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali melalui penerapan metode eja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia yang berinisial MY. Salah satu metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode eja murid belum mampu membaca huruf b,d,p,q ,membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Sedangkan setelah penerapan metode eja murid sudah mampu membaca huruf b,d,p,q, membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali setelah penerapan metode eja.