ctrlnum 22182
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/22182/</relation><title>PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN &#xD; MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA&#xD; KELAS II SLB NEGERI POLEWALI</title><creator>RIFALDI SETIAWAN</creator><subject>PENDIDIKAN LUAR BIASA</subject><description>RIFALDI SETIAWAN, 2017. Penerapan metode eja dalam meningkatkan &#xD; kemampuan membaca permulaan bagi anak dislkesia kelas II di SLB Negeri Polewali. &#xD; Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. &#xD; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid disleksia dalam kemampuan &#xD; membaca masih sangat rendah, terutama mengenal huruf, misalnya ketika dihadapkan &#xD; pada huruf b dan d, b dan p, dan q, sehingga anak mengalami banyak kesulitan dalam &#xD; membaca. Apakah penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca &#xD; permulan bagi anak disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali ? Tujuan utama dalam &#xD; penelitian ini adalah &#x201C;mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada &#xD; murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali melalui penerapan metode eja. Teknik &#xD; pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam &#xD; penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia yang berinisial MY. Salah satu metode &#xD; penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan &#xD; bahwa sebelum penerapan metode eja murid belum mampu membaca huruf b,d,p,q &#xD; ,membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Sedangkan setelah penerapan metode&#xD; eja murid sudah mampu membaca huruf b,d,p,q, membedakan huruf b,d,p,q dan &#xD; membaca kata. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca &#xD; permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali setelah penerapan &#xD; metode eja.</description><date>2022-02-18</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/1/SAMPUL.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/2/lembar%20pengesahan%20proposal.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/4/DAFTAR%20ISI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/5/BAB%201.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/6/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/7/BAB%20III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/9/bab%20iv%20baru.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/8/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/10/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/17/Lampiran%20skripsi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/19/lampiran%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/11/LAMPIRAN%205.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/12/Lampiran%206.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/13/lampiran%2010.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/14/Lampiran%2011.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/20/media%20huruf%20berwarna.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/16/RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/22/JURNAL%20Rifaldi%20Setiawan.docx</identifier><identifier> RIFALDI SETIAWAN (2022) PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA KELAS II SLB NEGERI POLEWALI. </identifier><recordID>22182</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RIFALDI SETIAWAN
title PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA KELAS II SLB NEGERI POLEWALI
publishDate 2022
topic PENDIDIKAN LUAR BIASA
url http://eprints.unm.ac.id/22182/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/2/lembar%20pengesahan%20proposal.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/4/DAFTAR%20ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/5/BAB%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/6/BAB%20II.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/7/BAB%20III.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/9/bab%20iv%20baru.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/8/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/10/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/17/Lampiran%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/19/lampiran%20II.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/11/LAMPIRAN%205.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/12/Lampiran%206.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/13/lampiran%2010.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/14/Lampiran%2011.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/20/media%20huruf%20berwarna.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/16/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/22/JURNAL%20Rifaldi%20Setiawan.docx
http://eprints.unm.ac.id/22182/
contents RIFALDI SETIAWAN, 2017. Penerapan metode eja dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dislkesia kelas II di SLB Negeri Polewali. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid disleksia dalam kemampuan membaca masih sangat rendah, terutama mengenal huruf, misalnya ketika dihadapkan pada huruf b dan d, b dan p, dan q, sehingga anak mengalami banyak kesulitan dalam membaca. Apakah penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca permulan bagi anak disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali ? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah “mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali melalui penerapan metode eja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia yang berinisial MY. Salah satu metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode eja murid belum mampu membaca huruf b,d,p,q ,membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Sedangkan setelah penerapan metode eja murid sudah mampu membaca huruf b,d,p,q, membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali setelah penerapan metode eja.
id IOS3399.22182
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:18Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:18Z
recordtype dc
_version_ 1764483853934657536
score 17.538404