PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA KELAS II SLB NEGERI POLEWALI
ctrlnum |
22182 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/22182/</relation><title>PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN 
MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA
KELAS II SLB NEGERI POLEWALI</title><creator>RIFALDI SETIAWAN</creator><subject>PENDIDIKAN LUAR BIASA</subject><description>RIFALDI SETIAWAN, 2017. Penerapan metode eja dalam meningkatkan 
kemampuan membaca permulaan bagi anak dislkesia kelas II di SLB Negeri Polewali. 
Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. 
Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid disleksia dalam kemampuan 
membaca masih sangat rendah, terutama mengenal huruf, misalnya ketika dihadapkan 
pada huruf b dan d, b dan p, dan q, sehingga anak mengalami banyak kesulitan dalam 
membaca. Apakah penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca 
permulan bagi anak disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali ? Tujuan utama dalam 
penelitian ini adalah “mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada 
murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali melalui penerapan metode eja. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam 
penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia yang berinisial MY. Salah satu metode 
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan 
bahwa sebelum penerapan metode eja murid belum mampu membaca huruf b,d,p,q 
,membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Sedangkan setelah penerapan metode
eja murid sudah mampu membaca huruf b,d,p,q, membedakan huruf b,d,p,q dan 
membaca kata. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca 
permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali setelah penerapan 
metode eja.</description><date>2022-02-18</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/1/SAMPUL.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/2/lembar%20pengesahan%20proposal.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/4/DAFTAR%20ISI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/5/BAB%201.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/6/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/7/BAB%20III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/9/bab%20iv%20baru.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/8/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/10/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/17/Lampiran%20skripsi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/19/lampiran%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/11/LAMPIRAN%205.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/12/Lampiran%206.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/13/lampiran%2010.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/14/Lampiran%2011.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/20/media%20huruf%20berwarna.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/16/RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/22182/22/JURNAL%20Rifaldi%20Setiawan.docx</identifier><identifier> RIFALDI SETIAWAN (2022) PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA KELAS II SLB NEGERI POLEWALI. </identifier><recordID>22182</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIFALDI SETIAWAN |
title |
PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK DISELEKSIA
KELAS II SLB NEGERI POLEWALI |
publishDate |
2022 |
topic |
PENDIDIKAN LUAR BIASA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/22182/1/SAMPUL.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/2/lembar%20pengesahan%20proposal.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/4/DAFTAR%20ISI.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/5/BAB%201.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/6/BAB%20II.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/7/BAB%20III.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/9/bab%20iv%20baru.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/8/BAB%20V.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/10/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/17/Lampiran%20skripsi.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/19/lampiran%20II.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/11/LAMPIRAN%205.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/12/Lampiran%206.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/13/lampiran%2010.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/14/Lampiran%2011.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/20/media%20huruf%20berwarna.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/16/RIWAYAT%20HIDUP.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/22/JURNAL%20Rifaldi%20Setiawan.docx http://eprints.unm.ac.id/22182/ |
contents |
RIFALDI SETIAWAN, 2017. Penerapan metode eja dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan bagi anak dislkesia kelas II di SLB Negeri Polewali.
Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si.
Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid disleksia dalam kemampuan
membaca masih sangat rendah, terutama mengenal huruf, misalnya ketika dihadapkan
pada huruf b dan d, b dan p, dan q, sehingga anak mengalami banyak kesulitan dalam
membaca. Apakah penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulan bagi anak disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali ? Tujuan utama dalam
penelitian ini adalah “mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada
murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali melalui penerapan metode eja. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam
penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia yang berinisial MY. Salah satu metode
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan
bahwa sebelum penerapan metode eja murid belum mampu membaca huruf b,d,p,q
,membedakan huruf b,d,p,q dan membaca kata. Sedangkan setelah penerapan metode
eja murid sudah mampu membaca huruf b,d,p,q, membedakan huruf b,d,p,q dan
membaca kata. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca
permulaan pada murid disleksia Kelas II di SLB Negeri Polewali setelah penerapan
metode eja. |
id |
IOS3399.22182 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:18Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483853934657536 |
score |
17.538404 |