PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Main Author: | Muhammad Rapi, Muhammad Rapi |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Makassar
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf http://eprints.unm.ac.id/2170/ |
ctrlnum |
2170 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2170/</relation><title>PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS</title><creator>Muhammad Rapi, Muhammad Rapi</creator><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas(PTK) adalah jenis penelitian terapan yang berbeda dengan penelitian formal yang dimiliki format-format yang baku. Penelitian Tindakan Kelas tidak terikat pada teori, dan format tertentu, akan tetapi lebih banyak berdasarkan pengalaman secara actual dan factual di lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dapat dirancang, dilaksanakan, dievaluasi, diobservasi dan refleksi, sehingga terjadi siklus-siklus yang secara kontinyu dapat dilakukan sampai mencapai hasil pembelajaran yang tuntas.
Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bidang kesenian merupakan suatu langkah positif, karena dengan intensifikasi penelitian dalam bidang kesenian, maka segala kendala, masalah pembelajaran yang menyebabkan kualitas pembelajaran tidak maksimal dapat diatasi. Guru, siswa, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, teman sejawat, kepala sekolah, komponen lainnya dan lain-lain, merupakan subyek dan obyek yang memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Identivikasi dan pengamatan, serta penelusuran semua komponen tersebut, dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran kesenian merupakan suatu alternatif yang penting. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas dalam uraian ini diklasifikasikan pada tiga ciri pokok, yaitu : 1) inquiri, 2) kolaborasi, dan 3) reflektif.
Kata kunci : Hasil belajar, seni budaya dan Penelitian Tindakan Kelas</description><publisher>Universitas Muhammadiyah Makassar</publisher><date>2013-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf</identifier><identifier> Muhammad Rapi, Muhammad Rapi (2013) PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Harmoni, III (2). pp. 73-85. ISSN 2087-9865 </identifier><recordID>2170</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muhammad Rapi, Muhammad Rapi |
title |
PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS |
publisher |
Universitas Muhammadiyah Makassar |
publishDate |
2013 |
topic |
KARYA ILMIAH DOSEN |
url |
http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf http://eprints.unm.ac.id/2170/ |
contents |
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas(PTK) adalah jenis penelitian terapan yang berbeda dengan penelitian formal yang dimiliki format-format yang baku. Penelitian Tindakan Kelas tidak terikat pada teori, dan format tertentu, akan tetapi lebih banyak berdasarkan pengalaman secara actual dan factual di lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dapat dirancang, dilaksanakan, dievaluasi, diobservasi dan refleksi, sehingga terjadi siklus-siklus yang secara kontinyu dapat dilakukan sampai mencapai hasil pembelajaran yang tuntas.
Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bidang kesenian merupakan suatu langkah positif, karena dengan intensifikasi penelitian dalam bidang kesenian, maka segala kendala, masalah pembelajaran yang menyebabkan kualitas pembelajaran tidak maksimal dapat diatasi. Guru, siswa, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, teman sejawat, kepala sekolah, komponen lainnya dan lain-lain, merupakan subyek dan obyek yang memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Identivikasi dan pengamatan, serta penelusuran semua komponen tersebut, dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran kesenian merupakan suatu alternatif yang penting. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas dalam uraian ini diklasifikasikan pada tiga ciri pokok, yaitu : 1) inquiri, 2) kolaborasi, dan 3) reflektif.
Kata kunci : Hasil belajar, seni budaya dan Penelitian Tindakan Kelas |
id |
IOS3399.2170 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2017-08-01T00:09:56Z |
last_indexed |
2017-08-01T00:09:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483732575617024 |
score |
17.538404 |