PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Main Author: Muhammad Rapi, Muhammad Rapi
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Makassar , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2170/
ctrlnum 2170
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2170/</relation><title>PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS</title><creator>Muhammad Rapi, Muhammad Rapi</creator><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstrak&#xD; Penelitian Tindakan Kelas(PTK) adalah jenis penelitian terapan yang berbeda dengan penelitian formal yang dimiliki format-format yang baku. Penelitian Tindakan Kelas tidak terikat pada teori, dan format tertentu, akan tetapi lebih banyak berdasarkan pengalaman secara actual dan factual di lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dapat dirancang, dilaksanakan, dievaluasi, diobservasi dan refleksi, sehingga terjadi siklus-siklus yang secara kontinyu dapat dilakukan sampai mencapai hasil pembelajaran yang tuntas.&#xD; Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bidang kesenian merupakan suatu langkah positif, karena dengan intensifikasi penelitian dalam bidang kesenian, maka segala kendala, masalah pembelajaran yang menyebabkan kualitas pembelajaran tidak maksimal dapat diatasi. Guru, siswa, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, teman sejawat, kepala sekolah, komponen lainnya dan lain-lain, merupakan subyek dan obyek yang memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Identivikasi dan pengamatan, serta penelusuran semua komponen tersebut, dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran kesenian merupakan suatu alternatif yang penting. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas dalam uraian ini diklasifikasikan pada tiga ciri pokok, yaitu : 1) inquiri, 2) kolaborasi, dan 3) reflektif.&#xD; Kata kunci : Hasil belajar, seni budaya dan Penelitian Tindakan Kelas</description><publisher>Universitas Muhammadiyah Makassar</publisher><date>2013-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf</identifier><identifier> Muhammad Rapi, Muhammad Rapi (2013) PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Harmoni, III (2). pp. 73-85. ISSN 2087-9865 </identifier><recordID>2170</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muhammad Rapi, Muhammad Rapi
title PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI INTENSIVIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS
publisher Universitas Muhammadiyah Makassar
publishDate 2013
topic KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/2170/1/HARMONI%20VOL.III%20NO.2%2C%20JULI%202013.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2170/2/PEER%20REVIEWER%20HARMONI%20VOL.3%20NO.2.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2170/
contents Abstrak Penelitian Tindakan Kelas(PTK) adalah jenis penelitian terapan yang berbeda dengan penelitian formal yang dimiliki format-format yang baku. Penelitian Tindakan Kelas tidak terikat pada teori, dan format tertentu, akan tetapi lebih banyak berdasarkan pengalaman secara actual dan factual di lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dapat dirancang, dilaksanakan, dievaluasi, diobservasi dan refleksi, sehingga terjadi siklus-siklus yang secara kontinyu dapat dilakukan sampai mencapai hasil pembelajaran yang tuntas. Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bidang kesenian merupakan suatu langkah positif, karena dengan intensifikasi penelitian dalam bidang kesenian, maka segala kendala, masalah pembelajaran yang menyebabkan kualitas pembelajaran tidak maksimal dapat diatasi. Guru, siswa, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, teman sejawat, kepala sekolah, komponen lainnya dan lain-lain, merupakan subyek dan obyek yang memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Identivikasi dan pengamatan, serta penelusuran semua komponen tersebut, dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran kesenian merupakan suatu alternatif yang penting. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas dalam uraian ini diklasifikasikan pada tiga ciri pokok, yaitu : 1) inquiri, 2) kolaborasi, dan 3) reflektif. Kata kunci : Hasil belajar, seni budaya dan Penelitian Tindakan Kelas
id IOS3399.2170
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-08-01T00:09:56Z
last_indexed 2017-08-01T00:09:56Z
recordtype dc
_version_ 1764483732575617024
score 17.538404