Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Perencanaan, proses dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan menulis kalimat sederhana siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 56,55%, dan siklus II mencapai 64,62%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.