PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN
Main Authors: | Andira, Ayu, Hasmawati, Hasmawati, Mantasiah R., Mantasiah R. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI)
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/7/peer%20reviewer%20penerapan%20proses%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20STAD%20dalam%20keterampilan%20menulis%20kalimat%20sederhana%20bahasa%20jerman_rotated.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/3/TURNITIN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20%28STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%29%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20SEDERHANA%20BAHASA%20JERMAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/ https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/14699 |
ctrlnum |
20185 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/20185/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN</title><creator>Andira, Ayu</creator><creator>Hasmawati, Hasmawati</creator><creator>Mantasiah R., Mantasiah R.</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Perencanaan, proses dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan menulis kalimat sederhana siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 56,55%, dan siklus II mencapai 64,62%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.</description><publisher>Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI)</publisher><date>2020-08</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/7/peer%20reviewer%20penerapan%20proses%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20STAD%20dalam%20keterampilan%20menulis%20kalimat%20sederhana%20bahasa%20jerman_rotated.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/3/TURNITIN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20%28STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%29%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20SEDERHANA%20BAHASA%20JERMAN.pdf</identifier><identifier> Andira, Ayu and Hasmawati, Hasmawati and Mantasiah R., Mantasiah R. (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN. Journal of Language, Literature, and Linguistics "INTERFERENCE", 1 (2). pp. 128-133. ISSN 2721-1827 </identifier><relation>https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/14699</relation><recordID>20185</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Andira, Ayu Hasmawati, Hasmawati Mantasiah R., Mantasiah R. |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN |
publisher |
Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI) |
publishDate |
2020 |
topic |
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN |
url |
http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/7/peer%20reviewer%20penerapan%20proses%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20STAD%20dalam%20keterampilan%20menulis%20kalimat%20sederhana%20bahasa%20jerman_rotated.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/3/TURNITIN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20%28STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%29%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20SEDERHANA%20BAHASA%20JERMAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/20185/ https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/14699 |
contents |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Perencanaan, proses dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan menulis kalimat sederhana siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 56,55%, dan siklus II mencapai 64,62%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. |
id |
IOS3399.20185 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:55Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483846789660672 |
score |
17.538404 |