ctrlnum 20185
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/20185/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN</title><creator>Andira, Ayu</creator><creator>Hasmawati, Hasmawati</creator><creator>Mantasiah R., Mantasiah R.</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstrak&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Perencanaan, proses dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan menulis kalimat sederhana siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 56,55%, dan siklus II mencapai 64,62%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.</description><publisher>Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI)</publisher><date>2020-08</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/7/peer%20reviewer%20penerapan%20proses%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20STAD%20dalam%20keterampilan%20menulis%20kalimat%20sederhana%20bahasa%20jerman_rotated.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20185/3/TURNITIN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20%28STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%29%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20SEDERHANA%20BAHASA%20JERMAN.pdf</identifier><identifier> Andira, Ayu and Hasmawati, Hasmawati and Mantasiah R., Mantasiah R. (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN. Journal of Language, Literature, and Linguistics "INTERFERENCE", 1 (2). pp. 128-133. ISSN 2721-1827 </identifier><relation>https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/14699</relation><recordID>20185</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Andira, Ayu
Hasmawati, Hasmawati
Mantasiah R., Mantasiah R.
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN
publisher Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI)
publishDate 2020
topic FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20185/7/peer%20reviewer%20penerapan%20proses%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20STAD%20dalam%20keterampilan%20menulis%20kalimat%20sederhana%20bahasa%20jerman_rotated.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20185/3/TURNITIN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20%28STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20DIVISION%29%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20SEDERHANA%20BAHASA%20JERMAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20185/
https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/14699
contents Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Perencanaan, proses dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan menulis kalimat sederhana siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat sederhana dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 56,55%, dan siklus II mencapai 64,62%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMAN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.
id IOS3399.20185
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:55Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:55Z
recordtype dc
_version_ 1764483846789660672
score 17.538404