PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Main Author: MARYAM, MARYAM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19635/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan