PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Main Author: MARYAM, MARYAM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19635/
ctrlnum 19635
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19635/</relation><title>PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR</title><creator>MARYAM, MARYAM</creator><subject>Pendidikan Akuntansi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan&#xD; terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2)&#xD; pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan&#xD; terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar.&#xD; Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa&#xD; sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa&#xD; program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel&#xD; menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan&#xD; data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis&#xD; deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical&#xD; Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara&#xD; parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan&#xD; &lt;0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan &lt;0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf</identifier><identifier> MARYAM, MARYAM (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19635</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARYAM, MARYAM
title PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR
publishDate 2021
isbn 9781592040025
topic Pendidikan Akuntansi
url http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19635/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan
id IOS3399.19635
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:49Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:49Z
recordtype dc
_version_ 1764483844748083200
score 17.538404