PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR
Main Author: | MARYAM, MARYAM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19635/ |
ctrlnum |
19635 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19635/</relation><title>PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR</title><creator>MARYAM, MARYAM</creator><subject>Pendidikan Akuntansi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2)
pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar.
Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa
sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa
program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical
Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan
<0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf</identifier><identifier> MARYAM, MARYAM (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19635</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MARYAM, MARYAM |
title |
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR |
publishDate |
2021 |
isbn |
9781592040025 |
topic |
Pendidikan Akuntansi |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19635/1/ARTIKEL-MARYAM-1592040028%20-PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19635/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, (2)
pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar, dan (3) variabel yang berpengaruh dominan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 makassar.
Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), kesulitan belajar siswa
sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa
program keahlian akuntansi SMK Negeri 4 Makassar yang terdiri dari 319 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical
Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan
<0,05 dan kesulitan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga dan kesulitan belajar siswa secara simultan |
id |
IOS3399.19635 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:49Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844748083200 |
score |
17.538404 |