Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene

Main Author: Jumura, Jumura
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19610/
ctrlnum 19610
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19610/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan &#xD; Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA &#xD; di SMA Negeri 2 Majene</title><creator>Jumura, Jumura</creator><subject>FISIKA - (S1)</subject><description>ABSTRAK&#xD; Jumura, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan &#xD; Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA &#xD; di SMA Negeri 2 Majene. Jurusan Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. &#xD; Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Kaharuddin Arafah).&#xD; Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain &#xD; faktorial 2 x 2 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Tujuan penelitian ini &#xD; adalah 1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik &#xD; yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang &#xD; diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk menganalisis &#xD; interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan &#xD; berpikir kritis. 3) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis &#xD; peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan &#xD; peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk &#xD; peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. 4) untuk menganalisis perbedaan &#xD; keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model &#xD; pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran &#xD; berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi rendah.&#xD; Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ANAVA dua jalur, &#xD; menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar &#xD; menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik &#xD; yang diajar menggunakan model pembelajaran bermasis masalah, (2) tidak &#xD; terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap &#xD; keterampilan berpikir kritis, (3) peserta didik yang memiliki notivasi belajar &#xD; tinggi, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model &#xD; pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan &#xD; model pembelajaran berbasis masalah, (4) peserta didik yang memiliki notivasi &#xD; belajar rendah, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar &#xD; menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang &#xD; diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.&#xD; Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Jumura, Jumura (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19610</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Jumura, Jumura
title Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene
publishDate 2021
topic FISIKA - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/19610/
contents ABSTRAK Jumura, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene. Jurusan Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain faktorial 2 x 2 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis. 3) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. 4) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi rendah. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ANAVA dua jalur, menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran bermasis masalah, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, (3) peserta didik yang memiliki notivasi belajar tinggi, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (4) peserta didik yang memiliki notivasi belajar rendah, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis
id IOS3399.19610
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:48Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:48Z
recordtype dc
_version_ 1764483844682022912
score 17.538404