Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene
Main Author: | Jumura, Jumura |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19610/ |
ctrlnum |
19610 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19610/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan 
Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 
di SMA Negeri 2 Majene</title><creator>Jumura, Jumura</creator><subject>FISIKA - (S1)</subject><description>ABSTRAK
Jumura, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan 
Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 
di SMA Negeri 2 Majene. Jurusan Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. 
Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Kaharuddin Arafah).
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain 
faktorial 2 x 2 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Tujuan penelitian ini 
adalah 1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik 
yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang 
diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk menganalisis 
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan 
berpikir kritis. 3) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis 
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan 
peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk 
peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. 4) untuk menganalisis perbedaan 
keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model 
pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran 
berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi rendah.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ANAVA dua jalur, 
menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar 
menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik 
yang diajar menggunakan model pembelajaran bermasis masalah, (2) tidak 
terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap 
keterampilan berpikir kritis, (3) peserta didik yang memiliki notivasi belajar 
tinggi, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model 
pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan 
model pembelajaran berbasis masalah, (4) peserta didik yang memiliki notivasi 
belajar rendah, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar 
menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang 
diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Jumura, Jumura (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19610</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Jumura, Jumura |
title |
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan
Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA
di SMA Negeri 2 Majene |
publishDate |
2021 |
topic |
FISIKA - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19610/ |
contents |
ABSTRAK
Jumura, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan
Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA
di SMA Negeri 2 Majene. Jurusan Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana.
Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Kaharuddin Arafah).
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain
faktorial 2 x 2 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Tujuan penelitian ini
adalah 1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik
yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang
diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk menganalisis
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan
berpikir kritis. 3) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan
peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk
peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. 4) untuk menganalisis perbedaan
keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model
pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran
berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi rendah.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ANAVA dua jalur,
menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik
yang diajar menggunakan model pembelajaran bermasis masalah, (2) tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap
keterampilan berpikir kritis, (3) peserta didik yang memiliki notivasi belajar
tinggi, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model
pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah, (4) peserta didik yang memiliki notivasi
belajar rendah, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang
diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis |
id |
IOS3399.19610 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:48Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844682022912 |
score |
17.538404 |