PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 PADA SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Main Author: Afriansyah, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19512/1/1614834727412.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19512/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam penyusunan indikator pembelajaran, problematika guru dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran, dan problematika guru dalam penyusunan penilaian pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis dengan deskriptif naratif yang dilakukan dengan tiga alur yaitu: (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan temuan berupa: (a) problematika dalam penyusunan indikator pembelajaran, (b) problematika dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran, (c) problematika dalam penyusunan penilaian pembelajaran yang terbagi dalam tiga penilaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kata kunci: Problematika, Kuriklum 2013, indikator pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian pembelajaran.