Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar
Main Authors: | Nurhaedah, Nurhaedah, Muslimin, Muslimin, Kamal, Andini |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Kampus VI Universitas Negeri Makassar
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19399/1/JIKAP%20PGSD%20Vol%2C3.%20No%2C3.%20Tahun%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/19399/2/peer%20reviewer%20JIKAP%20Volume%203%20Nomor%203%20September%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/19399/ https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/10216 |
Daftar Isi:
- Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran model pembelajaran paired story telling di kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, (2) gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, dan (3) apakah model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif jenis penelitian quasy eksperiment berbentuk non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran paired story telling sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan narasi. Jumlah populasi 93 siswa yaitu kelas Va sebanyak 46 siswa dan kelas Vb sebanyak 47 siswa. Sampel penelitian yaitu 75 siswa yang dilakukan dengan cara mengundi menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yang taraf kesalahannya 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, gambaran model pembelajaran paired story telling berlangsung secara baik dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuannya meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar.