Pencatatan Ciptaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan
Daftar Isi:
- Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MA Galesong Selatan Kabupaten Takalar Tujuannya adalah menghasilkan suatu model pembelajaran dan berbagai perangkat pembelajaran. Secara khusus, menghasilkan artikel ilmiah dan buku ajar yang memenuhi standar nasional dan internasional. Riset ini merupakan bagian dari Rumpun Sosial Humaniora-Seni BudayaPendidikan. yang tertuang dalam RIP Lemlit UNM tahun 2017-2021 dengan Tema “Penerapan model strategis dalam peningkatan kemampuan berbahasa resepttif dan produktif”. Topik riset “Penerapan Model Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman (Sprechfertigkeit) Siswa Kelas XI MA Galesong Selatan Kabupaten Takalar”. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan ini dapat dirancang dan diadaptasi dalam proses pembelajaran Keterampiulan Berbicara (Sprechfertigkeit) yang akan digunakan oleh pengajar bahasa Jerman serta dapat menjadi solusi tepat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jerman siswa, khususnya dalam penguasaan Keterampilan berbicara bahasa Jerman (Sprechfertigkeit). Berdasarkan hal tersebut maka riset ini cukup penting untuk dilaksanakan dalam mendukung capaian Rencana Induk Penelitian dan Peta Jalan Penelitian Perguruan Tinggi. Kata Kunci : Penerapan Model, Kooperatif Tipe Berpasangan, Keterampilan berbicara bahasa Jerman (Sprechfertigkeit).