Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh data tentang keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Semen Tonasa yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 97 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah Random Sampling, yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS I yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukan (thitung3,34>ttabel2,005 pada taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa. Kata Kunci : Keefektifan, Model Kooperatif, Tipe Tebak Kata.