Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate

Main Author: Yusuf, Mukhtar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1795/1/MUKHTAR%20YUSUF.2014.doc
http://eprints.unm.ac.id/1795/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mukhtar Yusuf. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate.(Dibimbing Oleh Ruslan dan Hartono). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate. Penelitian ini bersifat ex post facto karena peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes kompetensi guru dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Chi-square dengan menggunakan bantuan software spss 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi professional guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai X2= 46,412 (ii) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengan nilai X2= 62,049. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kompetensi professional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Pedagogik, Hasil Belajar Siswa. ABSTRCT MUKHTAR YUSUF.2014. The Influence of Professional Competence and Pedagogy Competence of Certified Biology Teachers on Learning Resul of Students at SMA in Ternate (supervised by Ruslan and Hartono). The study aimed at examining the influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of students at SMA in Ternate. The study is an ex-post facto research because the researcher did not control the independent variables because its manifestation was existed already. Data were collected through observation, tes of teacher competence, and tes of students’ learning result. Data were analyzed by employing non-parametric Chi-square using SPSS 20 software. The result of the study revealed that (i) there was influence of professional competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X2= 46,412, (ii) there was influence of pedagogy competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X2= 62,049. The conclusion of the study was there were influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of study at SMA in Ternate. Keyword: Proffesional competence, pedagogy, students’ learning result