Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate

Main Author: Yusuf, Mukhtar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1795/1/MUKHTAR%20YUSUF.2014.doc
http://eprints.unm.ac.id/1795/
ctrlnum 1795
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/1795/</relation><title>Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate</title><creator>Yusuf, Mukhtar</creator><subject>PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Mukhtar Yusuf. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate.(Dibimbing Oleh Ruslan dan Hartono).&#xD; &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate.&#xD; Penelitian ini bersifat ex post facto karena peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes kompetensi guru dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Chi-square dengan menggunakan bantuan software spss 20. &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi professional guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai X&#xB2;= 46,412 (ii) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengan nilai X&#xB2;= 62,049. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kompetensi professional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa. &#xD; &#xD; Kata kunci: Kompetensi Profesional, Pedagogik, Hasil Belajar Siswa.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; ABSTRCT&#xD; &#xD; MUKHTAR YUSUF.2014. The Influence of Professional Competence and Pedagogy Competence of Certified Biology Teachers on Learning Resul of Students at SMA in Ternate (supervised by Ruslan and Hartono).&#xD; The study aimed at examining the influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of students at SMA in Ternate. &#xD; The study is an ex-post facto research because the researcher did not control the independent variables because its manifestation was existed already. Data were collected through observation, tes of teacher competence, and tes of students&#x2019; learning result. Data were analyzed by employing non-parametric Chi-square using SPSS 20 software.&#xD; The result of the study revealed that (i) there was influence of professional competence of certified Biology teacher on students&#x2019; learning result by X&#xB2;= 46,412, (ii) there was influence of pedagogy competence of certified Biology teacher on students&#x2019; learning result by X&#xB2;= 62,049. The conclusion of the study was there were influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of study at SMA in Ternate. &#xD; Keyword: Proffesional competence, pedagogy, students&#x2019; learning result</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/1795/1/MUKHTAR%20YUSUF.2014.doc</identifier><identifier> Yusuf, Mukhtar (2014) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>1795</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yusuf, Mukhtar
title Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate
publishDate 2014
topic PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/1795/1/MUKHTAR%20YUSUF.2014.doc
http://eprints.unm.ac.id/1795/
contents ABSTRAK Mukhtar Yusuf. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate.(Dibimbing Oleh Ruslan dan Hartono). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate. Penelitian ini bersifat ex post facto karena peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes kompetensi guru dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Chi-square dengan menggunakan bantuan software spss 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi professional guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai X2= 46,412 (ii) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengan nilai X2= 62,049. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kompetensi professional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Pedagogik, Hasil Belajar Siswa. ABSTRCT MUKHTAR YUSUF.2014. The Influence of Professional Competence and Pedagogy Competence of Certified Biology Teachers on Learning Resul of Students at SMA in Ternate (supervised by Ruslan and Hartono). The study aimed at examining the influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of students at SMA in Ternate. The study is an ex-post facto research because the researcher did not control the independent variables because its manifestation was existed already. Data were collected through observation, tes of teacher competence, and tes of students’ learning result. Data were analyzed by employing non-parametric Chi-square using SPSS 20 software. The result of the study revealed that (i) there was influence of professional competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X2= 46,412, (ii) there was influence of pedagogy competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X2= 62,049. The conclusion of the study was there were influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of study at SMA in Ternate. Keyword: Proffesional competence, pedagogy, students’ learning result
id IOS3399.1795
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-02-25T18:46:49Z
last_indexed 2017-02-25T18:46:49Z
recordtype dc
_version_ 1764483730692374528
score 17.538404