KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM HASIL PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR
Main Author: | Debi Tenri, Bali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14621/1/DEBI%20TENRI%20BALI%201551040027%20artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/14621/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Bali, Debi Tenri. 2019. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Hasil Pembelajaran Teks Proposal Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Usman). Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw, mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran STAD, dan membuktikan keefektifan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran STAD dalam belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Jigsaw dan model STAD (Student Team Achievement Division), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar teks proposal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 3 kelas, sedangkan sampel adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar yang aktif belajar di sekolah sebanyak 42 orang yang dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model Jigsaw berada pada kategori sedang. Hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model pembelajaran STAD berada pada kategori rendah. Model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan nilai