KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM HASIL PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Main Author: Debi Tenri, Bali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14621/1/DEBI%20TENRI%20BALI%201551040027%20artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14621/
ctrlnum 14621
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/14621/</relation><title>KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM HASIL PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR</title><creator>Debi Tenri, Bali</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Bali, Debi Tenri. 2019. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Hasil Pembelajaran Teks Proposal Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Usman).&#xD; Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw, mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran STAD, dan membuktikan keefektifan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran STAD dalam belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Jigsaw dan model STAD (Student Team Achievement Division), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar teks proposal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 3 kelas, sedangkan sampel adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar yang aktif belajar di sekolah sebanyak 42 orang yang dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model Jigsaw berada pada kategori sedang. Hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model pembelajaran STAD berada pada kategori rendah. Model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan nilai</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/14621/1/DEBI%20TENRI%20BALI%201551040027%20artikel.pdf</identifier><identifier> Debi Tenri, Bali (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM HASIL PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>14621</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Debi Tenri, Bali
title KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM HASIL PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR
publishDate 2019
isbn 201551040027
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/14621/1/DEBI%20TENRI%20BALI%201551040027%20artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14621/
contents ABSTRAK Bali, Debi Tenri. 2019. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Hasil Pembelajaran Teks Proposal Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Usman). Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw, mendeskripsikan hasil belajar teks proposal siswa menggunakan model pembelajaran STAD, dan membuktikan keefektifan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran STAD dalam belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Jigsaw dan model STAD (Student Team Achievement Division), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar teks proposal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 3 kelas, sedangkan sampel adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar yang aktif belajar di sekolah sebanyak 42 orang yang dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model Jigsaw berada pada kategori sedang. Hasil belajar teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar dengan model pembelajaran STAD berada pada kategori rendah. Model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran teks proposal siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan nilai
id IOS3399.14621
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-09-03T05:30:04Z
last_indexed 2019-09-03T05:30:04Z
recordtype dc
_version_ 1764483829255372800
score 17.538404