PENGARUH PEMBERIAN TES FORMATIF TERKOREKSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 19 MAKASSAR

Main Author: Wijayani, Wilda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14599/1/JURNAL%20WILDA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14599/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas tinggi; (2) memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas rendah; (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar fisika secara umum, peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan hasil belajar fisika peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar; (4) mendeskripsikan pengaruh interaksi antara pemberian tes formatif terkoreksi dengan kreativitas belajar terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik. Rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 19 Makassar yang terbagi atas 3 kelas. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas rendah; (3) secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar; (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pemberian tes formatif terkoreksi dan kreativitas terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci: Tes Formatif Terkoreksi, Kreativitas, Hasil Belajar