Pengaruh Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Simbang Maros

Main Author: Haliq, Idham
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13753/1/IDHAM%20HALIQ_2015.docx
http://eprints.unm.ac.id/13753/
Daftar Isi:
  • Idham Haliq.2015. Pengaruh Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Simbang Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Yunus Tjandi . dan Muh.Yusuf Mappeasse, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 2 Simbang Maros. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan Data diperoleh menggunakan metode angket dan dokumentasi.Dan ini adalah hasil dari X1 (Belajar) diketahui bahwa ada 4 (13.33%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat tinggi, 14 (46.67%) siswa memiliki nilai dalam kategori tinggi, 10 (33.33%) siswa memiliki nilai dalam kategori cukup rendah dan 2 (6.67%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat rendah. Dan nilai dari X2 (Perhatian ornag tua) dapat diketahui bahwa ada 5 (16.67%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat tinggi, 14 (46.67%) siswa memiliki nilai dalam kategori tinggi, 8 (26.67%) siswa memiliki nilai dalam kategori cukup rendah, dan 3 (10%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat rendah. Sedangkan Untuk hasil Belajarnya yaitu dapat diketahui bahwa 4 (13.33%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat tinggi, 16 (53.33%) siswa memiliki nilai dalam kategori tinggi, 3 (10.00%) siswa memiliki nilai dalam kategori cukup rendah, dan 7 (23.33%) siswa memiliki nilai dalam kategori sangat rendah. (1) Untuk mengembangkan dan mengoptimalkan belajar yang berperan dalam keberhasilan siswa baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama guru-guru pengajar agar lebih memperbaiki penyampaian materi belajar serta melibatkan orang tua dalam mengawasi siswa dalam dalam proses pembelajaran dan (2) Kepada orang tua sebaiknya memberikan perhatian yang lebih kepada anak/siswa sangat diperlukan guna peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas yaitu belajar dan perhatian orang tua terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar, dimana hasil belajar akan meningkat jika nilai dari belajar dan perhatian orang tua juga meningkat.