PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK SDN NO.17 BAJOE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Main Authors: SALIM, MUH., SAMAD, SULAIMAN, MUSTAFA, MUSTAFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13615/1/1.%20JURNAL%20MUH.%20SALIM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13615/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bekerjasama peserta didik masih rendah dan lebih bersifat individualistik serta menunjukkan sifat kepedulian yang rendah diantara mereka. Salah satu penyebabnya adalah penerapan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung monoton. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik, kemampuan bekerjasama peserta didik, dan pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengukur variabel penerapan model pembelajaran jigsaw dan variabel kemampuan bekerjasama peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen nontes berupa lembar observasi untuk pembelajaran jigsaw dan kemampuan bekerjasama yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November hingga bulan Desember 2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan diolah dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang terdiri dari tahap pengelompokkan, tahap pembentukan kelompok ahli, tahap reciprocal teaching, dan memamerkan karya pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone sebelum penerapan metode pembelajaran jigsaw pada umumnya berada pada kategori cukup sedangkan setelah diberi perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran jigsaw berada pada kategori baik. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci : Jigsaw, Bekerjasama