PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK SDN NO.17 BAJOE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Main Authors: SALIM, MUH., SAMAD, SULAIMAN, MUSTAFA, MUSTAFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13615/1/1.%20JURNAL%20MUH.%20SALIM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13615/
ctrlnum 13615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13615/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK SDN NO.17 BAJOE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE</title><creator>SALIM, MUH.</creator><creator>SAMAD, SULAIMAN</creator><creator>MUSTAFA, MUSTAFA</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>ABSTRAK: Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bekerjasama peserta didik masih rendah dan lebih bersifat individualistik serta menunjukkan sifat kepedulian yang rendah diantara mereka. Salah satu penyebabnya adalah penerapan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung monoton. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik, kemampuan bekerjasama peserta didik, dan pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengukur variabel penerapan model pembelajaran jigsaw dan variabel kemampuan bekerjasama peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen nontes berupa lembar observasi untuk pembelajaran jigsaw dan kemampuan bekerjasama yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November hingga bulan Desember 2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan diolah dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang terdiri dari tahap pengelompokkan, tahap pembentukan kelompok ahli, tahap reciprocal teaching, dan memamerkan karya pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone sebelum penerapan metode pembelajaran jigsaw pada umumnya berada pada kategori cukup sedangkan setelah diberi perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran jigsaw berada pada kategori baik. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Jigsaw, Bekerjasama</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13615/1/1.%20JURNAL%20MUH.%20SALIM.pdf</identifier><identifier> SALIM, MUH. and SAMAD, SULAIMAN and MUSTAFA, MUSTAFA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK SDN NO.17 BAJOE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13615</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SALIM, MUH.
SAMAD, SULAIMAN
MUSTAFA, MUSTAFA
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK SDN NO.17 BAJOE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE
publishDate 2019
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/13615/1/1.%20JURNAL%20MUH.%20SALIM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13615/
contents ABSTRAK: Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bekerjasama peserta didik masih rendah dan lebih bersifat individualistik serta menunjukkan sifat kepedulian yang rendah diantara mereka. Salah satu penyebabnya adalah penerapan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung monoton. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik, kemampuan bekerjasama peserta didik, dan pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengukur variabel penerapan model pembelajaran jigsaw dan variabel kemampuan bekerjasama peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen nontes berupa lembar observasi untuk pembelajaran jigsaw dan kemampuan bekerjasama yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November hingga bulan Desember 2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan diolah dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw pada peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang terdiri dari tahap pengelompokkan, tahap pembentukan kelompok ahli, tahap reciprocal teaching, dan memamerkan karya pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone sebelum penerapan metode pembelajaran jigsaw pada umumnya berada pada kategori cukup sedangkan setelah diberi perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran jigsaw berada pada kategori baik. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan bekerjasama peserta didik SDN No.17 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci : Jigsaw, Bekerjasama
id IOS3399.13615
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483825440653312
score 17.538404