PENGARUH LOCUS OF CONTROL, KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII

Main Authors: Lestari, Andi Indri Ayu, Djadir, Djadir, Asdar, Asdar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13180/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13180/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara locus of control, konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket locus of control, angket konsep diri dan angket motivasi belajar serta tes prestasi belajar. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif diperoleh (1)Prestasi belajar siswa berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 55,52, (2)Locus of control berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 63,98, (3)Konsep diri berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 96,05, (4)Motivasi belajar berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 90,26. Secara inferensial diperoleh (1)Terdapat pengaruh positif secara langsung antara locus of control terhadap motivasi belajar matematika siswa, (2)Terdapat pengaruh positif secara langsung antara konsep diri terhadap motivasi belajar matematika siswa,, (3)Tidak terdapat pengaruh positif secara langsung antara locus of control terhadap prestasi belajar matematika siswa,, (4)Tidak terdapat pengaruh positif secara langsung antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa,, (5)Terdapat pengaruh positif secara langsung antara antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas,, (6)Terdapat pengaruh positif secara tidak langsung antara locus of control terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui motivasi belajar, (7)Terdapat pengaruh positif secara tidak langsung antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui motivasi. Kata Kunci: Locus of Control, Konsep Diri, Motivasi belajar, Prestasi Belajar Matematika siswa.