HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES LAYANG II KOTA MAKASSAR

Main Author: Maipa, Maipa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13058/1/artikel%20ivha.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13058/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru yang masih kurang dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: 1) Apakah terdapat hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II kota Makassar? 2) Apakah terdapat hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II? 3)Apakah terdapat hubungan kompetensi pedagogik guru dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II kota Makassar, 2) Untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru dengan peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II kota Makassar, 3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS SD Inpres Layang II kota Makassar. Data dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi linear berganda. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut di atas terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi kepribadian guru dengan peningkatan hasil belajar IPS. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian Guru, Peningkatan Hasil Belajar IPS