PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 TAKALAR (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Main Author: HASNAWATI, HASNAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12577/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12577/
Daftar Isi:
  • HASNAWATI. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Takalar (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon) (Dibimbing oleh Taty Sulastry dan Muhammad Anwar) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA negeri 6 Takalar tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Takalar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 95 orang. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi yang ada sebagai subjek peneltian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis one way Anova dan two way Anova Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Takalar, (2) Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Takalar, (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Takalar. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Langsung, Discovery Learning, Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar.