PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, HASIL BELAJAR, DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA

Main Author: HASMIATI, HASMIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12244/
Daftar Isi:
  • Model PBL merupakan salah satu model yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learing (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one group pretestpostest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas X MIA di SMAN 10 Gowa, sampel yang dipilih adalah kelas X MIA 3 yang ditentukan secara purposive sampling.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji paired sample test (uji-t berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi0.00≤ α = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learing (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA. Kata kunci: Model problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, sikap peduli lingkungan