PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Main Authors: Wahyudin, -, Saharullah, -, Ardiansyah, -
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian UNM , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11119/1/%28wahyudin%29%20peer%20review.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/2/pengesahan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/3/persepsi%20guru.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/4/ringkasan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/5/sampul.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/
Daftar Isi:
  • penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran bagaimana persepsi guru kelas terhadap proses belajar mengajar penjaskesrek pada sekolah dasar negeri di kecamatan Makassar kota Makassar populasi dalam penelitian ini adalah guru umum yang terdaftar mengajar sebagai guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 6 orang guru laki-laki dan 29 orang guru psrempuan )yang sekaligus dijadikan sampel. Karenalumlah populast relatif sedtktt maka dalam peneltttan tru 'r,- * --. :renarik sampel dengan cara total sampling, dimana mengambil semua populasi yang ada ,,:"::*-: sampel, r.p"rti yang dike*ukakan oleh Arikunto bahwa apabila subjeknya kurang dari ::.h baik diambil semua sehingga penelitiarnya tnerupakan penelitian populasi. ( j:,: *::,, a. iika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10;o/o samPai 25a/o atau lebih. Oleh * : ": .- n*rlruiori iaiaut ptciiiiau ili ssiuruinrya riijariilart satupci yaiiu 35 urimg guru hcias ;* - * =:3ajar pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar. - l"lroOe pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif ri: -:ii. iang berejuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya sebagaimana yang * ,:* *. arso otet Arikunto bahrva: "Penelitian deskriptif adalah penelitian yang tidak ".*.* :-i 'mt,;k menguji hipctesis tet*pi ha*ya *:engganbsrks"n ap* adany* tenpa edg unsur ;* -i:"*,A:. Jan pengurangan dari kejadian yang diteliti dilapangan. -:-iii penelitian menunjukkan bahwa . l) Persepsi grru kelas terhadap faktor perencanaan *,;-* t6jrrbJlajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar , -j ,.1 ...i3-ssar memperoleh angka penafsiran sebesar 87,4 dan merniliki kriteria penilaian sangat -Jai ini herarri kemammran sltnr rialam merencanakan nemhelaiaran neniasorkes nada : n - ,.- )asar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar sangat tinggr. 2) Persepsi guru ; * -::!.6dap faktor pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri , : : :: jtan Makassar Kota Makassar memperoleh angka penafsiran sebesar 88,2 dan memiliki ,-:*i renilaian sangat tinggi. Hal ini berarti kemampuan guru dalam pelaksanaan " * :.- : rian peniasorkes pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota l{akassar *--.," :::qi. 3) Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar penjaskes ."*', i..r;,riah Dasar Nigeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar secara umum memiliki - :'-.i ',:rg tinggi, walaupun masih ada beberapa indikator yang memiliki angka penafsiran nr:\:1-arrr'! proses belajar rnengajar prenjaskes patla Sekalah l)a.sar Negeri di Keeramatan "*r-;.i;-j -\ota Makassar tlng$. '.1::rt'aat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) Sebagai sumbangan yang *r:,-** :u+ perkernbangan dunia pendidikan terutama pendidikan dasar. 2) Bermanfuat dan : = *-'i :iii Dinas Pendidikan dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kualitas rtr":**r.:r ,Jasar. 3i Bermanfaat bagi penelitian y