PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Main Authors: Wahyudin, -, Saharullah, -, Ardiansyah, -
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian UNM , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11119/1/%28wahyudin%29%20peer%20review.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/2/pengesahan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/3/persepsi%20guru.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/4/ringkasan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/5/sampul.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/
ctrlnum 11119
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11119/</relation><title>PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR</title><creator>Wahyudin, -</creator><creator>Saharullah, -</creator><creator>Ardiansyah, -</creator><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran bagaimana persepsi guru kelas terhadap proses belajar mengajar penjaskesrek pada sekolah dasar negeri di kecamatan Makassar kota Makassar&#xD; populasi dalam penelitian ini adalah guru umum yang terdaftar mengajar sebagai guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 6 orang guru laki-laki dan 29 orang guru psrempuan )yang sekaligus dijadikan sampel. Karenalumlah populast relatif sedtktt maka dalam peneltttan tru 'r,- * --. :renarik sampel dengan cara total sampling, dimana mengambil semua populasi yang ada ,,:"::*-: sampel, r.p"rti yang dike*ukakan oleh Arikunto bahwa apabila subjeknya kurang dari ::.h baik diambil semua sehingga penelitiarnya tnerupakan penelitian populasi. ( j:,: *::,, a. iika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10;o/o samPai 25a/o atau lebih. Oleh * : ": .- n*rlruiori iaiaut ptciiiiau ili ssiuruinrya riijariilart satupci yaiiu 35 urimg guru hcias ;* - * =:3ajar pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar. - l"lroOe pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif ri: -:ii. iang berejuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya sebagaimana yang * ,:* *. arso otet Arikunto bahrva: "Penelitian deskriptif adalah penelitian yang tidak ".*.* :-i 'mt,;k menguji hipctesis tet*pi ha*ya *:engganbsrks"n ap* adany* tenpa edg unsur ;* -i:"*,A:. Jan pengurangan dari kejadian yang diteliti dilapangan. -:-iii penelitian menunjukkan bahwa . l) Persepsi grru kelas terhadap faktor perencanaan *,;-* t6jrrbJlajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar , -j ,.1 ...i3-ssar memperoleh angka penafsiran sebesar 87,4 dan merniliki kriteria penilaian sangat -Jai ini herarri kemammran sltnr rialam merencanakan nemhelaiaran neniasorkes nada&#xD; : n &#xD; - &#xD; ,.- )asar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar sangat tinggr. 2) Persepsi guru ; * -::!.6dap faktor pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri , : : :: jtan Makassar Kota Makassar memperoleh angka penafsiran sebesar 88,2 dan memiliki ,-:*i renilaian sangat tinggi. Hal ini berarti kemampuan guru dalam pelaksanaan " * :.- : rian peniasorkes pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota l{akassar *--.," :::qi. 3) Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar penjaskes ."*', i..r;,riah Dasar Nigeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar secara umum memiliki - :'-.i ',:rg tinggi, walaupun masih ada beberapa indikator yang memiliki angka penafsiran&#xD; nr:\:1-arrr'! proses belajar rnengajar prenjaskes patla Sekalah l)a.sar Negeri di Keeramatan "*r-;.i;-j -\ota Makassar tlng$. '.1::rt'aat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) Sebagai sumbangan yang *r:,-** :u+ perkernbangan dunia pendidikan terutama pendidikan dasar. 2) Bermanfuat dan : = *-'i :iii Dinas Pendidikan dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kualitas rtr":**r.:r ,Jasar. 3i Bermanfaat bagi penelitian y</description><publisher>Lembaga Penelitian UNM</publisher><date>2017-10</date><type>Other:Other</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11119/1/%28wahyudin%29%20peer%20review.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11119/2/pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11119/3/persepsi%20guru.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11119/4/ringkasan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11119/5/sampul.pdf</identifier><identifier> Wahyudin, - and Saharullah, - and Ardiansyah, - (2017) PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR. Lembaga Penelitian UNM, makassar. </identifier><recordID>11119</recordID></dc>
language eng
format Other:Other
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyudin, -
Saharullah, -
Ardiansyah, -
title PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR
publisher Lembaga Penelitian UNM
publishDate 2017
topic KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/11119/1/%28wahyudin%29%20peer%20review.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/2/pengesahan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/3/persepsi%20guru.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/4/ringkasan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/5/sampul.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11119/
contents penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran bagaimana persepsi guru kelas terhadap proses belajar mengajar penjaskesrek pada sekolah dasar negeri di kecamatan Makassar kota Makassar populasi dalam penelitian ini adalah guru umum yang terdaftar mengajar sebagai guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 6 orang guru laki-laki dan 29 orang guru psrempuan )yang sekaligus dijadikan sampel. Karenalumlah populast relatif sedtktt maka dalam peneltttan tru 'r,- * --. :renarik sampel dengan cara total sampling, dimana mengambil semua populasi yang ada ,,:"::*-: sampel, r.p"rti yang dike*ukakan oleh Arikunto bahwa apabila subjeknya kurang dari ::.h baik diambil semua sehingga penelitiarnya tnerupakan penelitian populasi. ( j:,: *::,, a. iika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10;o/o samPai 25a/o atau lebih. Oleh * : ": .- n*rlruiori iaiaut ptciiiiau ili ssiuruinrya riijariilart satupci yaiiu 35 urimg guru hcias ;* - * =:3ajar pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar. - l"lroOe pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif ri: -:ii. iang berejuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya sebagaimana yang * ,:* *. arso otet Arikunto bahrva: "Penelitian deskriptif adalah penelitian yang tidak ".*.* :-i 'mt,;k menguji hipctesis tet*pi ha*ya *:engganbsrks"n ap* adany* tenpa edg unsur ;* -i:"*,A:. Jan pengurangan dari kejadian yang diteliti dilapangan. -:-iii penelitian menunjukkan bahwa . l) Persepsi grru kelas terhadap faktor perencanaan *,;-* t6jrrbJlajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar , -j ,.1 ...i3-ssar memperoleh angka penafsiran sebesar 87,4 dan merniliki kriteria penilaian sangat -Jai ini herarri kemammran sltnr rialam merencanakan nemhelaiaran neniasorkes nada : n - ,.- )asar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar sangat tinggr. 2) Persepsi guru ; * -::!.6dap faktor pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri , : : :: jtan Makassar Kota Makassar memperoleh angka penafsiran sebesar 88,2 dan memiliki ,-:*i renilaian sangat tinggi. Hal ini berarti kemampuan guru dalam pelaksanaan " * :.- : rian peniasorkes pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota l{akassar *--.," :::qi. 3) Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar penjaskes ."*', i..r;,riah Dasar Nigeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar secara umum memiliki - :'-.i ',:rg tinggi, walaupun masih ada beberapa indikator yang memiliki angka penafsiran nr:\:1-arrr'! proses belajar rnengajar prenjaskes patla Sekalah l)a.sar Negeri di Keeramatan "*r-;.i;-j -\ota Makassar tlng$. '.1::rt'aat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) Sebagai sumbangan yang *r:,-** :u+ perkernbangan dunia pendidikan terutama pendidikan dasar. 2) Bermanfuat dan : = *-'i :iii Dinas Pendidikan dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kualitas rtr":**r.:r ,Jasar. 3i Bermanfaat bagi penelitian y
id IOS3399.11119
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-05T23:59:59Z
last_indexed 2019-05-05T23:59:59Z
recordtype dc
_version_ 1764483767597006848
score 17.538404