Peran Guru Pai dalam Upaya Deradikalisasi Siswa

Main Author: Parisi, Salman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP3M STAI Madinatul Ilmi , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16
http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16/17
ctrlnum article-16
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Peran Guru Pai dalam Upaya Deradikalisasi Siswa</title><creator>Parisi, Salman</creator><subject lang="en-US">Radikalisme; deradikalisme; peran guru PAI</subject><description lang="en-US">Banyak &#xA0;fakta &#xA0;dan &#xA0;penelitian &#xA0;membuktikan &#xA0;bahwa &#xA0;radikalisme telah &#xA0;demikian &#xA0;mewabah &#xA0;di &#xA0;masyarakat, &#xA0;bahkan &#xA0;sudah &#xA0;menyusup &#xA0;ke dalam &#xA0;lembaga-lembaga &#xA0;pendidikan &#xA0;formal &#xA0;dan &#xA0;nonformal. &#xA0;Mereka menyusup &#xA0;melalui &#xA0;oknum-oknum &#xA0;guru &#xA0;agama, &#xA0;melalui &#xA0;unit-unit &#xA0;kegiatan ekstrakurikuler agama atau melalui buku-buku panduan. Karena itu, untuk menghambat &#xA0;penyebaran &#xA0;paham &#xA0;radikal &#xA0;di &#xA0;kalangan &#xA0;para &#xA0;siswa &#xA0;guru Pendidikan &#xA0;Agama &#xA0;Islam &#xA0;(PAI) &#xA0;memiliki &#xA0;peranan &#xA0;yang &#xA0;sangat &#xA0;strategis. Dalam tulisan ini dikemukakan tentang ciri-ciri paham radikal dan langkah- langkah apa saja yang harus dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapinya.</description><publisher lang="en-US">LP3M STAI Madinatul Ilmi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2017-03-07</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16</identifier><source lang="en-US">SAFINA : Jurnal Pendidikan Agama Islam; Volume 2 Nomor 1, Maret 2017; 85-102</source><source>2503-1651</source><language>eng</language><relation>http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16/17</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 SAFINA : Jurnal Pendidikan Agama Islam</rights><recordID>article-16</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Parisi, Salman
title Peran Guru Pai dalam Upaya Deradikalisasi Siswa
publisher LP3M STAI Madinatul Ilmi
publishDate 2017
topic Radikalisme
deradikalisme
peran guru PAI
url http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16
http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/16/17
contents Banyak fakta dan penelitian membuktikan bahwa radikalisme telah demikian mewabah di masyarakat, bahkan sudah menyusup ke dalam lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal. Mereka menyusup melalui oknum-oknum guru agama, melalui unit-unit kegiatan ekstrakurikuler agama atau melalui buku-buku panduan. Karena itu, untuk menghambat penyebaran paham radikal di kalangan para siswa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peranan yang sangat strategis. Dalam tulisan ini dikemukakan tentang ciri-ciri paham radikal dan langkah- langkah apa saja yang harus dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapinya.
id IOS3307.article-16
institution STAI Madinatul Ilmi
institution_id 279
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STAI Madinatul Ilmi
library_id 159
collection SAFINA - Jurnal Pendidikan Agama Islam
repository_id 3307
subject_area Filsafat
Pendidikan
Sosial dan Budaya
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
city KOTA DEPOK
province JAWA BARAT
repoId IOS3307
first_indexed 2017-07-11T02:18:41Z
last_indexed 2017-07-11T02:18:41Z
recordtype dc
_version_ 1766093492154531840
score 17.538404