perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think paire share (TPS) dengan direct intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 purwosari
Main Author: | Purnomo Hadi Susilo; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/20609 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Susilo, Purnomo Hadi. 2012. Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) yang dipadu Think Pair Share (TPS) dengan Direct Intruction (DI) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMAN 1 Purwosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (I) Drs. Sujono, M. T. (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Langsung, Direct Intruction, Hasil Belajar. Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya nilai hasil belajar TIK siswa. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran komputer di SMAN 1 Purwosari, guru sering kali menggunakan model pembelajaran langsung (direct intruction). Model pembelajaran ini menekankan pembelajaran yang didominasi oleh guru (teacher centered), sehingga siswa masih belum bisa memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru. Masalah tersebut dapat diatasi yaitu dengan merubah paradigma teacher centered menjadi student centered melalui penelitian tentang perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think pair share (TPS) dengan Direct Intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Purwosari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pre test dan post test design yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X semester II (dua) SMAN 1 Purwosari tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling kelompok (cluster sampling) yaitu dipilihkan oleh guru mata pelajaran TIK yang mengajar 9 kelas tersebut atas pertimbangan hasil nilai dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dengan tes obyektif dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL yang dipadu TPS dengan model pembelajaran langsung mempunyai perbedaan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian tersebut ditandai dengan adanya perbedaan hasil belajar TIK siswa yang diajar menggunakan model PBL yang dipadu TPS dengan model DI, dimana nilai hasil belajar Thitung(3,544)>(1,992)Ttabel dan Nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa kelas eksperimen dan kontrol sebesar 82,39 untuk kelas eksperimen dan 76,80 untuk kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL yang dipadu TPS dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar melakukan operasi dasar pada Operating System (OS) komputer.