GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM)

Main Author: VINNY DWI OCTAVIANI, 071115015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/41276/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/41276/2/FIS.K.78-16%20Oct%20g.pdf
http://repository.unair.ac.id/41276/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Fokus penelitian ini adalah menganalisis bagaimana laki-laki digambarkan dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Iklan tersebut merupakan iklan produk perawatan kulit untuk perempuan, tetapi tokoh utama dalam iklan tersebut adalah laki-laki. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggambaran laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan memaknai konsep laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Dalam riset ini, peneliti akan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yaitu analisis tentang hubungan tanda. Sehingga peneliti dapat mengungkap gambaran laki-laki dalam iklan Sunblock It’s Skin 2PM. Dengan menggunakan tinjuan pustaka melalui iklan sebagai media representasi, perspektif media massa terhadap gender, gambaran laki-laki di media massa (dalam iklan), dan teori analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Berdasarkan rumusan masalah dari riset ini, hasil yang didapatkan peneliti mengenai gambaran laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM ialah, laki-laki digambarkan sebagai perpaduan maskulin dan feminin. Ada yang digambarkan dengan kegiatan merawat kulit wajah dan tubuh dengan menggunakan sunblock sampai melakukan kegiatan menari dengan gerakan gemulai.