Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun

Main Author: Komariyati, Wida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7705/1/Wida%20Komariyati.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7705/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Komariyati, Wida. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchtim Humaidi, S.H.I., M.IRKH Kata Kunci : Kepuasan, Kepercayaan, dan Pembelian Ulang Loyalitas merupakan komitmen pelanggan terhadap suatu merek, perusahaan, atau pemasok, berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten. Nasabah yang loyal ialah mereka yang memiliki komitmen untuk senantiasa melakukan pembelian secara berulang tanpa adanya paksaan dari pihak manapaun. Perilaku tersebut dilakukan atas dasar rasa puas dan percaya kepada perusahaan penyedia jasa tersebut. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun, (2) Apakah citra perusahaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun, (3) Apakah kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas nasabah pada bank BRI syariah KC Madiun. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner atau angket. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik Simple Insidental dengan 100 responden nasabah yang membuka rekening di Bank BRI Syariah KC Madiun. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program aplikasi SPSS 21. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Ttest variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Nilai thitung 2,425 dan ttabel 1,660 artinya thitung > ttabel. Variabel citra perusahaan nilai thitung 8,448 dan ttabel 1,660, sehingga thitung > ttabel artinya citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji Ftest diperoleh Fhitung sebesar 97,207 dan Ftabel 3,09, sehingga Fhitung > Ftabel artinya variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar0,669 ini artinya bahwa variabel independen hanya mampu menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen sebesar 66,9% sedangkan sisanya sebesar 33,1% dijelaskan atau dipengaruhi variabel lain diluar model regresi yang dianalisis.