Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Main Author: pradani, merlin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7654/1/Merlin%20Pradani.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7654/
Daftar Isi:
  • Pradani, Merlin. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yunaita Rahmawati, M.Si, Ak. Kata Kunci: Kinerja, Bukti Fisik dan Kesesuaian Harapan. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh ketidak samaan antara teori dengan fakta yang ada di lapanagan. Ada beberapa pendapat yang menyatakan kualitas produk dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, apakah kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang menggunakan teknik penyebaran kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.837 nasabah. Metode pengambilan sampel yang digunakan sampling insidental sebanyak 98 responden terdiri dari nasabah Tabungan iB Muamalat Haji dan umrah, Tabungan iB Hijrah, Tabungan iB Muamalat Valas, TabunganKu, Tabungan iB Muamalat Berencana, Tabungan iB Muamalat Prima dan Tabungan iB Muamalat Simpel diperoleh dari penghitungan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diolah dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo sebesar 68,7%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo sebesar 55,5%. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo sebesar 71,9%.