PENGARUH PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION (DI) TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA

Main Author: Ahmad Hamdani, NPM. 138060017
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/964/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada kecemasan Matematika dan rendahnya kemampuan pemahaman Matematis siswa SMA. Tujuan Penelitian ini untuk menelaah perbedaan kecemasan matematika, dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Differentiated Instruction (DI) dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Desain Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. dengan sampel dipilih 2 kelas dari 5 kelas. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen berupa skala kecemasan matematika, dan soal-soal tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Data tes skala kecemasan dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Sedangkan data tes kemampuan pemahaman dianalisis dengan menggunakan Uji perbedaan Rataan, dan Uji Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Dl tidak cukup berarti mempengaruhi kecemasan matematika siswa. Akan tetapi pembelajaran dengan pendekatan DI dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional Kata kunci : pendekatan Differentiated Instruction, kemampuan pemahaman matematis,, kecemasan matematika