UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ASMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan setelah melihat permasalahan yang terjadi dilapangan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya terlihat banyak siswa tidak berani untuk berpendapat,bertanya, dan menjawab pertanyaan, serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat oleh guru. Hal inilah yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning rasa percaya diri dan hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keberagaman, peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase keseluruhan siswa selalu meningkat pada setiap pelaksanaan siklusnya. Pada siklus 1 persentase penilaian sikap rasa percaya diri siswa mencapai 70,28% atau 26 orang siswa yang dinyatakan tuntas kemudian untuk penilaian hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 64,87% atau 24 orang siswa yang dinyatakan tuntas. Sedangkan pada pelaksanaan siklus 2 hasil penilaian sikap rasa percaya diri mencapai persentase sebesar 91,90% atau 34 orang siswa yang mencapai ketuntasan, kemudian penilaian hasil belajar pada siklus 2 mencapai persentase sebesar 86,48% atau 32 orang siswa yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata kunci : Rasa percaya diri, Problem Based Learning