Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 11 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang efektif dan bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, serta guru masih yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan profesional guru yang masih kurang, sehingga hasil belajar IPS materi peta masih rendah. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan ketentuan satu siklus ada 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti proses pelaksanaan pembelajaran CTL, maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model CTL di kelas IV pada pelajaran IPS di SDN 11 Sijuk terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 58,1 dengan presentase yang mencapai KKM 33,3%, dan pada siklus II nilai rata-rata 96,2 dengan presentase yang mencapai KKM 92,5%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching Learning Motivasi, Hasil Belajar, Materi Peta dan Pembelajaran IPS