ctrlnum 7097
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/7097/</relation><title>PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 SIJUK DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PETA</title><creator>MIFTA DIANA, 115060141</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 11 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang efektif dan bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, serta guru masih yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan profesional guru yang masih kurang, sehingga hasil belajar IPS materi peta masih rendah. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan ketentuan satu siklus ada 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti proses pelaksanaan pembelajaran CTL, maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model CTL di kelas IV pada pelajaran IPS di SDN 11 Sijuk terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 58,1 dengan presentase yang mencapai KKM 33,3%, dan pada siklus II nilai rata-rata 96,2 dengan presentase yang mencapai KKM 92,5%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.&#xD; Kata Kunci: Contextual Teaching Learning Motivasi, Hasil Belajar, Materi Peta dan Pembelajaran IPS</description><date>2016-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/1/LEMBAR%20PENGESAHAN.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/2/MOTO%20DAN%20PERSEMBAHAN.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/4/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/5/KATA%20PENGANTAR.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/6/UCAPAN%20TERIMAKASIH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/7/DAFTAR%20ISI.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/8/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/9/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/10/BAB%20III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/11/BAB%20IV.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/12/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/13/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/7097/14/Data%20Pribadi.docx</identifier><identifier> MIFTA DIANA, 115060141 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 SIJUK DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PETA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>7097</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MIFTA DIANA, 115060141
title PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 SIJUK DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PETA
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/7097/1/LEMBAR%20PENGESAHAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/2/MOTO%20DAN%20PERSEMBAHAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/4/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/5/KATA%20PENGANTAR.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/6/UCAPAN%20TERIMAKASIH.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/7/DAFTAR%20ISI.doc
http://repository.unpas.ac.id/7097/8/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/9/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/10/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/11/BAB%20IV.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/12/BAB%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/13/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/14/Data%20Pribadi.docx
http://repository.unpas.ac.id/7097/
contents Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 11 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang efektif dan bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, serta guru masih yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan profesional guru yang masih kurang, sehingga hasil belajar IPS materi peta masih rendah. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan ketentuan satu siklus ada 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti proses pelaksanaan pembelajaran CTL, maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model CTL di kelas IV pada pelajaran IPS di SDN 11 Sijuk terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 58,1 dengan presentase yang mencapai KKM 33,3%, dan pada siklus II nilai rata-rata 96,2 dengan presentase yang mencapai KKM 92,5%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching Learning Motivasi, Hasil Belajar, Materi Peta dan Pembelajaran IPS
id IOS3183.7097
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:31Z
last_indexed 2017-07-10T03:16:55Z
recordtype dc
_version_ 1766044884812169216
score 17.538404