ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN DIKLINIK ISTRA HEALTH CARE CILEUNYI

Main Authors: MAYANG KOMALA PRARINDA SARI, NPM. 178020119, Pembimbing I, Dr. H. Juanim., SE., MSi, Pembimbing II, Dr.H. Undang Juju SE., M. Si
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/47433/1/MAYANG%20KOMALA%20PRARINDA%20SARI_MM%20COPY.docx
http://repository.unpas.ac.id/47433/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta implikasinya pada kepercayaan pasien di klinik Istra Health Care Cileunyi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan kapitasi pasien Klinik Istra Health Care. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis verifikatif yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis). Pengumpulan data dilakukan bulan Oktober-November 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan kepercayaan pasien diinterpretasikan dalam kriteria baik. Terdapat pengaruh signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan pengaruh sebesar 87,40%. Terdapat pengaruh signifikan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien dengan pengaruh sebesar 88,20%.Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien melalui kepuasan pasien adalah sebesar 84,49%. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kepercayaan Pasien