PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA SD (Penelitian Eksperimen di kelas V SDN 035 SOKA kota Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keaktifan Siswa SD” yang dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan siswa SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan siswa SD yang dibuktikan dengan hasil uji T. Hasil perhitungan independent sample t test pada keaktifan siswa yang dinyatakan dalam standard gain dapat dilihat bahwa harga F = 0,45 dengan tingkat signifikansi 0, 833 demikian tingkat signifikansi lebih besar daripada 0,05. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa hipotesis (Ho) ditolak yang menyatakan bahwa Ho=Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan belajar. Sedangkan untuk hipotesis (Ha) diterima yang menyatakan bahwa Ha : terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan siswa. Kata kunci : contextual teaching and learning (CTL) , keaktifan siswa, siswa SD kelas V