PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Cangkuang 1 Rancaekek Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan
ctrlnum |
46164 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/46164/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA KELAS V SD
(Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Cangkuang 1 Rancaekek Pada Subtema
2 Manusia dan Lingkungan</title><creator>Giovani Ismail Ronaldo, 155060145</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peserta didik yang
diajar menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) dan peserta didik yang diajar mengguakan metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Latar belakang dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL
terhadap hasil belajar peserta didik. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
signifikan penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta
didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cangkuang 1 Kecamatan
Rancaekek Kabupaten Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sebanyak 40 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik “Non Probability Sampling
Purposive Sampling” Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent group pretest posttest design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal pretest-posttest, obervasi dan
dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji
normalitas, uji linieritas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien
determinasi. Hipotesis penelitian menyatakan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS
16 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y =
40.917+0.526X yang berarti setiap kenaikan 1% pada penggunaan strategi
pembelajaran CTL akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,526 pada hasil belajar
siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Strategi
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ) terhadap variabel Y (Hasil
Belajar Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan
sebesar 31%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran CTL dapat digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh terhadap hasil belajar
sebesar 31% dengan kriteria rendah.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), Hasil
Belajar Siswa.</description><date>2019-10-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/1/1.%20Cover%20Skripsi%20Giovani%20IR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/2/2.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/3/3.%20Abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/4/4.%20Abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/5/5.%20Abstrak%20sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/7/7.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/8/8.%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/9/9.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/10/10.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/11/11.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46164/12/12.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Giovani Ismail Ronaldo, 155060145 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Cangkuang 1 Rancaekek Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>46164</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Giovani Ismail Ronaldo, 155060145 |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA KELAS V SD
(Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Cangkuang 1 Rancaekek Pada Subtema
2 Manusia dan Lingkungan |
publishDate |
2019 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/46164/1/1.%20Cover%20Skripsi%20Giovani%20IR.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/2/2.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/3/3.%20Abstrak%20indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/4/4.%20Abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/5/5.%20Abstrak%20sunda.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/7/7.%20Bab%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/8/8.%20Bab%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/9/9.%20Bab%203.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/10/10.%20Bab%204.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/11/11.%20Bab%205.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/12/12.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/46164/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peserta didik yang
diajar menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) dan peserta didik yang diajar mengguakan metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Latar belakang dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL
terhadap hasil belajar peserta didik. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
signifikan penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta
didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cangkuang 1 Kecamatan
Rancaekek Kabupaten Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sebanyak 40 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik “Non Probability Sampling
Purposive Sampling” Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent group pretest posttest design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal pretest-posttest, obervasi dan
dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji
normalitas, uji linieritas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien
determinasi. Hipotesis penelitian menyatakan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS
16 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y =
40.917+0.526X yang berarti setiap kenaikan 1% pada penggunaan strategi
pembelajaran CTL akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,526 pada hasil belajar
siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Strategi
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ) terhadap variabel Y (Hasil
Belajar Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan
sebesar 31%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran CTL dapat digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh terhadap hasil belajar
sebesar 31% dengan kriteria rendah.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), Hasil
Belajar Siswa. |
id |
IOS3183.46164 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-11-03T09:15:46Z |
last_indexed |
2019-11-03T09:15:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045096285831168 |
score |
17.538404 |