PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM POKOK BAHASAN IPA (Kuasi Eksperimen di kelas V SD Negeri Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung dalam Pokok Bahasan IPA Tahun Ajaran 2018/2019)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPA siswa di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa, mengetahui bagaimana pengaruh model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament dan Two Stay Two Stray terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri di Soreang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament dengan pemahaman konsep siswa yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray; 2) kualitas peningkatan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament sebesar 32.93% dengan interpretasi sedang; 3) kualitas peningkatan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray sebanyak 23.56% dengan interpretasi rendah. Kata Kunci: Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep.