Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kinerja usaha merupakan aspek penting dalam usaha salon kecantikan yang melayani pria & wanita, kinerja menjadi landasan yang sesungguhnya dalam suatu usaha, karena jika tidak ada kinerja maka tujuan organisasi tidak dapat tercapai. Kinerja perlu dijadikan bahan evaluasi bagi pengusaha untuk mengetahui tinggi rendahnya kinerja yang ada pada usahanya. Untuk meningkatkan kinerja usaha dibutuhkan motivasi yang tinggi agar terdorong untuk kerja secara optimal serta komitmen organisasi yang tinggi pada suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja usaha, pada bisnis salon kecantikan yang melayani pria & wanita di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha salon kecantikan yang melayani pria & wanita yang berjumlah 34 pengusaha. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh (sampel sensus). Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut digunakan alat analisis regresi linier berganda serta kuesioner sebagai alat pengunpul data responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama motivasi dan komitmen organisasi memiliki pengaruh sebesar 49,42% dan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha. Secara parsial menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh sebesar 27,70% dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, dan komitmen organisasi memiliki pengaruh sebesar 21,77% dan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha. Kata Kunci : Motivasi, Komitmen Organisasi, kinerja